Tips & Trick

7 Cara Agar Tas kamu yang Mengelupas atau Kotor Terlihat Baru Lagi!

Karena tidak memerhatikan cara merawat tas kulit dengan benar, permukaan tas kamu jadi mulai kotor dan mengelupas. Padahal tas ini jadi andalan mu di waktu – waktu penting. Jika memang sudah terlanjur mengelupas, jangan berpikir bahwa tas jadi tidak bisa dipakai. Tas ini masih bisa terlihat seperti baru lagi dengan menggunakan beberapa peralatan rumah lho. Simak yuk 7 cara mengakali tas mengelupas agar terlihat baru lagi.

1. Mengakali tas mengelupas dan kotoran dengan minyak kayu putih

Jika kamu punya minyak kayu putih di rumah, ini bisa digunakan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada tas. Warna terang ataupun warna gelap, semua jenis kotoran bisa dihilangkan. Tuang minyak kayu putih pada tisu atau kain lap dengan tekstur halus, kemudian gosok dengan perlahan tepat di atas bagian tas yang terkena kotoran. Gosok terus hingga permukaan kembali bersih, tapi jangan menggunakan tenaga yang besar karena gosokan terlalu keras bisa merusak permukaan kulit tas.

2. Pasta gigi juga bisa lho!

Selain minyak kayu putih, kamu juga bisa menghilangkan kotoran menggunakan pasta gigi apapun. Tapi, satu hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan sikat gigi sebagai peralatan untuk menggosokkan pasta gigi tersebut. Pilih sikat gigi dengan bulu yang halus, karena bulu yang kasar juga bisa merusak permukaan kulit. Lalu aplikasikan dengan cara yang sama seperti minyak kayu putih, hingga permukaan bersih kembali.

Bagaimana untuk tas kulit dengan permukaan yang mengelupas? Simak cara mengakalinya dengan hal – hal di bawah ini.

3. Pengunaan lem untuk merekatkan kembali

Jika bagian pada tas kulitmu yang mengelupas masih sedikit, coba rekatkan kembali dengan menggunakan lem. Lalu, hindarkan tas dari paparan sinar matahari yang terik dalam waktu lama. Sinar matahari ini akan membuat kelembapan tas berkurang sehingga lapisan tas akan kembali pecah.

4. Spidol, cat, dan semir sepatu

Jika bagian pada tas kulitmu ternyata lumayan banyak dan berguguran, kamu bisa memanfaatkan spidol, cat, atau semir sepatu dengan warna yang sama untuk menutupi permukaan yang mengelupas.

Caranya hanya tinggal oleskan dengan perlahan pada bagian yang terkelupas hingga bagian tersebut menyerupai bagian lain yang masih bagus. Tapi harus diingat, catlah mulai dari satu lapis, setelah kering baru kemudian kamu cat untuk lapisan berikutnya.

Selain itu, kamu bisa membeli cat khusus untuk bahan kulit yang di jual di pusat perbelanjaan. Karena dengan cat ini hasilnya akan lebih maksimal.

5. Gunakan kreativitasmu

Apabila kerusakan sepatumu tergolong berat, ini saatnya untuk menggunakan kreativitasmu. Kamu bisa menutupi bagian yang mengelupas dengan mengubah tampilannya. Tambal bagian yang mengelupas dengan kain yang memiliki warna dan corak yang senada, lalu jahit. Hal ini bukan hanya akan mengatasi masalahmu, tapi kamu juga akan mendapatkan tas baru secara cuma – cuma!

6. Pakai lakban untuk koper yang mengelupas

Kalau tas yang mengelupas punyamu berjenis koper, kamu bisa mengandalkan lakban, nih. Apalagi ketika buru-buru di saat bepergian, kamu bisa menggunakan lakban untuk menutup sementara. Ingat hanya sementara ya, karena lem pada lakban yang mudah terlepas dan terbuka, justru akan membahayakan barang bawaanmu.

Jika memang sudah ada waktu, ada baiknya untuk tetap membetulkannya agar lebih aman dan nyaman. Cara ini bisa kamu aplikasikan jika memang dalam keadaan darurat saja ya.

7. Bawa tas mengelupasmu ke tempat reparasi

Jika memang kondisi mengelupas pada tasmu sudah tergolong parah. Dan ketika dilakukan berbagai cara di atas terasa kurang ampuh. Tentu saja membawanya ke tempat reparasi adalah langkah yang paling tepat.

 

Tasmu pasti akan kembali terlihat seperti baru lagi. Tapi memang, mungkin kamu harus bersiap untuk merogoh kocek lebih dalam ya!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

thirteen + 8 =